Opini  

Perbedaan Pendidikan Perawat D3, D4, S1, dan Profesi Ners

Media Perawat – Hallo sejawat Ners ! Salam Perawat ! Semoga sehat selalu ya

Hari ini mimin akan menjelaskan tentang perbedaan pendidikan perawat D3, D4, S1, dan Profesi Ners berdasarkan pengamatan sendiri dan bacaan beberapa referensi selama ini. Karena banyak sekali yang masih belum ngerti tentang perbedaan tersebut. Yuk simak penjelasan di bawah ini !

1). Perawat D3 (Diploma 3)

Dari namanya saja “diploma”, sudah tergambar pastinya pendidikannya yaitu pendidikan vokasi. Perawat dengan pendidikan D3 dibekali ilmu selama pendidikan berupa “keterampilan” dalam merawat pasien dan melakukan berbagai prosedur. Pendidikan D3 berlangsung selama 6 semester (3 tahun) dengan biaya kisaran. Perawat D3 tetap mendapat materi teoritis kok, tetapi hanya secara umum saja. Saat bekerja nanti perawat dengan pendidikan D3 akan menjadi perawat pelaksana yang focus kepada tindakan prosedur. Perawat D3 bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana melalui pendidikan AJ (Alih Jenjang) yang disediakan oleh beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun Negeri.

2). Diploma IV (Sarjana Terapan Keperawatan)

Mungkin masih banyak yg asing saat mendengar lulusan Diploma IV (Sarjana Terapan Keperawatan). Apa bedanya dengan S1? Jadi, berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Sarjana Terapan Keperawatan berada di level 6 pendidikan berbasis keahilan. Perawat dengan pendidikan Sarjana Terapan Keperawatan akan menjalani perkuliahan selama 4 (empat) tahun dengan presentase 40% teori dan 60% praktik. Setiap akhir semester, mahasiswa perawat akan melaksanakan praktik di lapangan baik itu di rumah sakit maupun komunitas, sesuai dengan standar kurikulum setiap institusi. Setelah lulus, perawat lulusan Sarjana Terapan Keperawatan bisa melanjutkan kuliah profesi (Ners) yang saat ini sedang dikembangkan oleh beberapa institusi di Indonesia.

3). S1 Keperawatan

Berbeda dari perawat D3 tadi. Perawat S1 justru sebaliknya karena pendidikannya lebih focus pada teoritis seperti critical thinking dan semacamnya. Ilmu keperawatan yang didapat ketika pendidikan cukup dalam selama 8 semester (4 tahun) terkait dengan bagaimana, mengapa yang mendasari dilakukannya suatu prosedur. Setelah lulus nanti perawat S1 disarankan untuk melanjutkan pendidikan profesi (Ners) karena akan mendapat pengalaman praktik  yang lebih dalam berbasis ilmu teoritis yang didapatkan sebelumnya. Khusus untuk lulusan D3 Keperawatan yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 Keperawatan maka dia hanya butuh waktu 2 semester (1 tahun) untuk belajar ilmu teoritisnya dan selanjutnya disarankan untuk melanjutkan ke Profesi Ners.

4). Profesi Ners

Nahh, untuk mendapatkan pendidikan Profesi Ners sebelumnya harus menempuh pendidikan S1/STr. Pada pendidikan profesi ini mahasiswa dituntut untuk melakukan praktik lapangan dengan menerapkan critical thinking. Sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan sebelumnya dalam praktik nyata di lapangan. Biasanya pendidikan ini berlangsung selama satu tahun yang mana satu tahun tersebut di dominasi oleh praktik lapangan.

Semoga bermanfaat ya Ners, kalau ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan komentarnya ya. terimakasih.

(Dok.CL/EM)

Respon (4)

  1. Aslamualaikum selamat pagi kak maaf menggu kak disini saya pengen jelas nie kak dijelasin Untuk peluang kerja lulusan s1 saja dan lulusan profesi ners kak ??

    1. untuk lulusan S1 tanpa profesi Ners, maka untuk niat bekerja di pelayanan itu tidak bisa karena untuk S1 Keperawatan tidak ada standar STR dan SIPP nya, yg ada hanya untuk D3 dan S1 + Profesi Ners. jadi untuk S1 Keperawatan hanya bisa bekerja di luar dari ranah pelayanan saja spt bagian administrasi dll. jadi peluangnya sedikit. untuk peluang yang NERS PROFESI itu jelas bisa bekerja di ranah pelanayan dan itu peluangnya besar sekali baik di rumah sakit, puskesmas, klinik dan lain-lain.

  2. Assalamualaikum, selamat siang kak mohon maaf waktunya disini saya ingin bertanya kak, kalau d3 keperawatan trus mau alih jenjang ke S1 apa nanti dpt gelarnya S tr atau S1 kak soalnya bingung mau langsung ambil d4 atau d3 kalo di d4 kan gelarnya nnti S tr , kemudian baru melanjutkan ke Profesi ners kan ya
    Trima kasih kak mohon maaf apabila salah kata.

    1. Waalaikumsalam, utk gelar tergantung jenjangnya, kalau D3 maka dipakai A.Md.Kep, kalau mau lanjut lagi ke S1 + Profesi maka gelarnya Ns. S.Kep. kalau D4 bener gelarnya S.tr.Kep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.