Butterfly Hug, Metode Sederhana Atasi Masalah Kecemasan dan Gangguan Mental

Photo://Freepik,com

Katakan, “Tolong awasi saya dan lakukan apa yang saya lakukan.”

Silangkan lengan Anda di atas dada Anda, sehingga ujungnya
jari tengah dari masing-masing tangan ditempatkan di bawah klavikula atau tulang selangka dan yang lainnya jari dan tangan menutupi area yang terletak di bawah hubungan antara tulang selangka dan
bahu dan tulang selangka dan tulang dada dan tulang dada atau tulang dada. Tangan dan jari harus vertikal mungkin sehingga jari-jari menunjuk ke arah leher dan bukan ke arah lengan.

Jika mau, Anda dapat mengunci ibu jari Anda untuk membentuk tubuh kupu-kupu dan perpanjangan dari Anda jari-jari lain ke luar akan membentuk sayap Kupu-kupu. Mata Anda bisa tertutup, atau tertutup sebagian, melihat ke arah ujung hidung Anda. Selanjutnya, Anda bergantian gerakan tangan Anda, seperti sayap kupu-kupu yang mengepak. Biarkan tangan Anda bergerak Bebas. Anda dapat bernapas perlahan dan dalam (pernapasan perut), sambil mengamati apa yang sedang terjadi melalui pikiran dan tubuh Anda seperti pikiran, gambar, suara, bau, perasaan, dan fisik sensasi tanpa berubah, mendorong pikiran Anda menjauh, atau menilai. Anda bisa berpura-pura seolah-olah apa yang Anda amati seperti awan yang lewat.”

Apa itu Butterfly Hug?

Metode Butterfly Hug berasal dan dikembangkan oleh Lucina Artigas selama bekerja dengan
yang selamat dari Badai Pauline di Acapulco, Meksiko, 1998 (Artigas, Jarero, Mauer, López Cano,
& Alcalá, 2000; Boel, 1999; Jarero, Artigas, & Montero, 2008). Pelukan Kupu-Kupu telah menjadi
praktik standar untuk dokter di lapangan saat bekerja dengan penyintas buatan manusia dan alami
Bencana.
“Butterfly Hug” (BH) adalah metode Stimulasi Bilateral (BLS) yang diberikan sendiri (seperti mata
gerakan atau penyadapan) untuk memproses materi traumatis untuk individu atau untuk kerja kelompok.
Desensitisasi (self-soothing) adalah produk sampingan yang memproses ulang menggunakan BH sebagai BLS.

Baca juga : Asuhan Keperawatan Jiwa – Klien dengan Halusinasi

Metode Pelukan Kupu-Kupu untuk Stimulasi Bilateral

Pengamatan lapangan dan laporan klien di penelitian terdahulu menunjukkan bahwa jika pemicu internal (misalnya kilas balik, mimpi buruk, pikiran yang mengganggu, dll.) atau stresor eksternal yang sedang berlangsung (misalnya gempa susulan, konfrontasi mendadak dengan agresor, dll.) menimbulkan tingkat kesusahan yang tinggi (SUD = 6-10/10), teknik menenangkan diri tidakbekerja cukup cepat atau tidak bekerja sama sekali untuk klien tertentu (Jarero, Artigas & Luber, 2011). Dalam hal ini situasi, penulis percaya bahwa penggunaan BH bisa menjadi mekanisme desensitisasi. Ini dapat dijelaskan oleh akun memori kerja (Maxfield, Melnyk, & Hayman, 2008).
Setelah pasien atau klien (anak-anak atau orang dewasa) mempelajari Pelukan Kupu-kupu, mereka bisa menjadi diinstruksikan untuk membawa metode ini bersama mereka untuk digunakan di antara sesi, untuk menghilangkan kepekaan terhadap arus apa pun yang sangat pengaruh mengganggu yang muncul ketika teknik menenangkan diri tidak bekerja cukup cepat atau tidak efektif.

Katakan, “Sekarang setelah Anda mempelajari Pelukan Kupu-kupu, Anda dapat menggunakannya kapan saja yang Anda alami perasaan yang mengganggu dan teknik menenangkan Anda tampaknya tidak efektif.”

Meningkatkan Daya Positif dalam Diri
Untuk menambatkan pengaruh positif, kognisi, dan sensasi fisik yang terkait dengan sumber daya dari apa pun dari Protokol Pengembangan Sumber Daya atau “gambar terpandu” yang dihasilkan oleh teknik “dipandu imajinasi” dan BLS sesuai. Lakukan BH hanya 6 hingga 8 kali. Guru di sekolah Guatemala untuk anak-anak korban kekerasan orang tua memberi tahu anak-anak bahwa mereka dapat merasakan kasih Tuhan melalui Pelukan Kupu-kupu. Selama tragedi tambang Pasta de Conchos di Meksiko pada tahun 2006, seorang paramedis menstabilkan dan menyelamatkan kehidupan seorang insinyur tambang yang mengalami serangan jantung menggunakan Butterfly Hug. Bagi Laub dan Bar-Sade (2009), Butterfly Hug “menjadi isyarat keterikatan apa adanya berhubungan dengan sentuhan lembut ibu atau ayah atau pelukan penuh kasih yang baik (hlm. 292).” Roy Kiessling (komunikasi pribadi, 2009) menyebutkan bahwa kadang-kadang, ketika seorang anak menginginkan pelukan dari orang tua, dokter dapat memperkenalkan Butterfly Hug kepada orang tua dengan cara berikut:

Katakan, “Saat Anda menggendong anak Anda duduk di pangkuan Anda, silangkan tangan Anda di depan atau di belakang,
tergantung pada apakah anak Anda menghadap atau punggungnya ke arah Anda, maka, peluk dan ketuk
.”
Dengan anak-anak yang sangat kecil, Kiessling meminta orang tua melakukan hal berikut:
Katakan, “Pegang bayi Anda dengan kepala (nya) di dada Anda atau melihat dari balik bahu Anda. Menggunakan ibu jari dan jari kelingking tangan Anda yang bertumpu pada bahu anak Anda, ketuk secara bergantian di bahu __(nya).
Profesional lain telah menggunakan metode ini sebagai pengganti untuk menyentuh klien dan mereka mungkin berkata,
Tolong beri dirimu Pelukan Kupu-kupu untukku.

Untuk Mencegah Trauma Sekunder
Dokter yang bekerja di kantor mereka atau anggota tim intervensi dini terapi EMDR yang bekerja di
lapangan, dapat menjalankan film mental dari kegiatan hari itu saat melakukan Butterfly Hug, untuk memfasilitasi
sistem Adaptive Information Processing (AIP) untuk memproses informasi yang menyusahkan melalui
saluran visual, pendengaran, penciuman, gustatory, dan taktil (Jarero & Uribe, 2014).
Situasi Budaya Khusus
Berdasarkan pengalaman lapanganyang mengajarkan Protokol Intervensi Dini EMDR kepada siswa dari 63 negara berbeda di seluruh dunia, mereka percaya bahwa dalam situasi budaya tertentu di
yang gerakan mata dapat diartikan sebagai sihir, mantra, ritual perdukunan atau hipnosis dan
meningkatkan stres dan kecemasan pada pasien, Butterfly Hug bisa menjadi alternatif yang layak untuk
membuat intervensi terapi EMDR tersedia (mengacu pada Melville, 2003).

Daftar Referensi :

Melville, A. (April 2003). Psychosocial Interventions: Evaluation of UNICEF supported projects
(1999-2001). UNICEF Indonesia:
Shapiro, F. (2001). EMDR Basic Principles, Protocols, and Procedures. Second Edition. New
York: Guilford Press.
Zaghrout-Hodali, M., Alissa, F., Dodgson, P. (2008). Building resilience and dismantling fear:
EMDR group protocol with children in an area of ongoing trauma. Journal of EMDR Practice and
Research, 2, 106.

Exit mobile version