banner 728x250

Definisi dan Fungsi Bermain Pada Anak

Definisi Bermain

Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk memperoleh kesenangan/kepuasan. Bermain merupakan cerminan kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan sosial dan bermain merupakan media yang baik untuk belajar karena dengan bermain, anak-anak akan berkomunikasi, belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan, melakukan apa yang dapat dilakukan, mengenal waktu, jarak serta suara (Wong, 2000).

Source : Pixabay.com

Fungsi Bermain Pada Anak.

1. Perkembangan sensorik motorik

Aktivitas sensorik dan motorik merupakan komponen terbesar yang digunakan anak dan bermain aktif sangat penting untuk perkembangan fungsi otot.

2. Perkembangan intelektual

Pada saat bermain, anak membedakan eksploitasi dan manipulasi terhadap segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya, terutama mengenal warna, bentuk, ukuran, tekstur, dan membedakan objek.

3. Perkembangan sosial

Perkembangan sosial ditandai dengan kemampuan berinteraksi dengan lingkungannya. Bermain dengan orang lain akan membantu anak untuk mengembangkan hubungan sosial dan belajar memecahkan masalah dari hubungan tersebut. Hal ini terjadi terutama pada anak usia sekolah dan remaja.

4. Perkembangan kreativitas

Berkreasi adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu dan mewujudkannya ke dalam bentuk objek dan kegiatan yang dilakukannya. 

Baca juga : Identifikasi Aspek Sosio Budaya yang Mempengaruhi Perilaku Kesehatan

5. Perkembangan kesadaran diri

Melalui bermain, anak akan mengembangkan kemampuannya dalam mengatur tingkah laku.

6. Perkembangan moral

Anak mempelajari nilai dasar dan salah dari lingkungannya, terutama dari orang tua dan guru. Dengan melakukan aktivitas. bermain, anak akan mendapat kesempatan untuk

menerapkan nilai nilai tersebut, sehingga dapat diterima di lingkungannya dan dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan kelompok yang ada dalam lingkungannya.

7. Bermain sebagai terapi Pada saat dirawat di rumah sakit, anak akan mengalami berbagai perasaan yang tidak menyenangkan. Dengan bermain sebagai terapi anak-anak akan melupakan perasaan yang tidak. menyenangkan tersebut.

(DOK/NS)

Daftar Referensi:

Potter, Patricia A dan Anne Griffin Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep. Proses, dan Praktik Volume 1. Jakarta; EGC.

Saputra, Lyndon. 2013. Catatan Ringkas Kebutuhan Dasar Manusia. Tangerang: Binarupa Aksara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *