Ini Dia Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja Perawat

Foto Pixabay

Hai sobat Ners Media Perawat, bagaimana kabarnya ? semoga sehat selalu ya. pada kesempatan ini mimin coba sharing mengenai beberapa pertayaan yang sering muncul pada saat wawancara bagi pelamar kerja perawat. disimak ya !

Semua orang tentunya akan memasuki tantangan-tantangan baru dalam hidup, salah satunya adalah memasuki dunia kerja. Namun, sebelum memasuki dunia kerja sudah pasti akan melalui tahap rekuitmen terlebih dahulu baik bagi yang telah mempunyai pengalaman sebelumnya, maupun yang belum mempunyai pengalaman atau fresh graduate. Lulus dari Perguruan Tinggi manapun, bukan berarti akan menjadi jaminan bagi para fresh graduate akan mudah mendapat pekerjaan dengan gaji yang layak, termasuk bagi seseorang perawat. Mengikuti sebuah rekuitmen pekerjaan akan melalui berbagai tahap, salah satunya tahap tes wawancara. Pada tes wawancara yang diadakan oleh Rumah Sakit atau pun Fasilitas Kesehatan lain tentunya akan diuji oleh bidang keperawatan dan Human Resource Department (HRD) atau pihak lain yang bersangkutan.

Pada tahap ini,  pewawancara akan menyaring perawat yang kompeten untuk mengetahui keterampilan interpersonal dan manajemen konflik pelamar. Apabila pelamar tidak dapat menjawab pertanyaan dengan baik, akan ada kemungkinan pelamar tersebut tidak akan mendapat panggilan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Tim Mediaperawat akan berbagi mengenai berbagai pertanyaan yang mungkin akan para pelamar temui saat menjalani tes wawancara.

Berikut beberapa pertanyaan yang umum atau yang sering ditanyakan oleh HRD ataupun bidang keperawatan pada saat tes wawancara beserta cara menjawab nya.

1). Coba ceritakan tentang diri Anda !

Nah, pertanyaan seperti ini merupakan salah satu pertanyaan berbagai bentuk wawancara yang dijalani oleh para pelamar kerja, termasuk saat wawancara perawat di Rumah Sakit.  Jenis pertanyaan ini memang tergolong jenis pertanyaan terbuka, yang membuat kita berpikir bahwa bisa dijawab dengan kebebasan untuk menjawabnya.  Akan tetapi anda tidak perlu menceritakan tentang sejarah hidup Anda, sebaiknya berfokus pada kepribadian Anda, pengalaman profesional, pencapaian pendidikan, dan tujuan karir dalam Anda bekerja nanti. Karena, para pewawancara sebenarnya ingin mengetahui kepribadian, kualitas, sikap Anda sebagai Perawat. Selain itu, Anda juga bisa menceritakan mengenai hal-hal menarik tentang Anda secara singkat dan jelas, agar perhatian pewawancara tertuju kepada Anda.

2). Apa yang membuat Anda memilih Perawat sebagai karir ?

Pertanyaan jenis ini merupakan salah satu kesempatan yang diberikan pewawancara untuk Anda menceritakan atau menjelaskan mengenai motivasi Anda dalam memilih profesi sebagai perawat. Pada kesempatan ini, sebaiknya Anda menjelaskan dengan cara lebih menggali tentang keahlian atau pun pencapaian Anda.

Baca Juga : 6 Kiat Sukses Uji Kompetensi Nasional Perawat

3). Apa pengalaman yang paling berkesan selama Anda bergelut di profesi ini ?

Sebaiknya dalam menjawab pertanyaan ini, Anda benar-benar menggambarkan bahwa Anda adalah individu yang puas dengan pekerjaan, senang dengan pekerjaan yang pernah dilakukan, dan berkomitmen terhadap profesi sebagai Perawat, serta titik balik yang membuat Anda memutuskan untuk menjadi perawat. Anda bisa melakukan demostrasi dan menyoroti kekuatan, komitmen, dan pengabdian Anda dalam  menjalani Profesi ini.

4). Bagaimana cara Anda berinteraksi dengan dokter dan teman sejawat Anda ?

Setiap pekerjaan yang akan Anda jalani, baik di RS atau pun fasilitas kesehatan lain akan dilakukan secara Tim. Oleh karena itu, pertanyaan seperti ini termasuk ke dalam pertanyaan yang paling umum ditemukan saat wawancara. Sebaiknya anda dapat mendeskripsikan bagaimana diri anda dalam bekerjasama dengan Tim.

5). Apa motivasi Anda dalam memilih kerja disini ?

Sebaiknya Anda menjawab relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar tersebut, berikan motivasi yang positif dan antusias, jangan membuat diri sendiri terkesan angkuh, menjawab dengan jujur, hindari jawaban yang terlalu umum seperti ingin mencari pengalaman baru dan menantang diri sendiri, mengisi waktu luang, mendapatkan gaji yang lebih baik dari sebelumnya, dsb.

6). Apa yang Anda ketahui tentang rumah sakit kami ?

Sebaiknya, sebelum mengikuti tes wawancara, lalukanlah penelitian kecil tentang RS yang sedang Anda lamar tersebut dengan mengunjungi web RS, menelusuri umpan balik dan ulasan pasien, mencari informasi dari teman-teman yang bekerja di RS tsb. Misal nya mengetahui hal-hal umum tentang RS tersebut mulai dari visi dan misi hingga ke hal yang lebih terperinci.

7). Bagaimana Anda bekerja di bawah tekanan ?

Pada pertanyaan ini, sebaiknya Anda menyebutkan cara positif yang Anda lakukan selama menghadapi situasi  dalam tekanan. Jelaskan pengalaman Anda sebelumnya, yang dapat membuktikan Anda untuk bekerja di bawah tekanan.

Baca Juga : Khusus Maba (Mahasiswa Baru) Perawat Harus Punya Buku Ini

8). Apa yang bisa Anda berikan untuk RS apabila sudah menjadi pegawai disini ?

Pada pertanyaan ini, berikanlah jawaban yang rasional

9). Sebutkan dan jelaskan kelebihan dan kekuranganmu ?

Pada pertanyaan ini, akan menggiring Anda untuk lebih menjelaskan mengenai karakter Anda. Sebaiknya Anda memberikan 5 kekurangan dan 5 kelebihan Anda. Namun tidak hanya menyebutkan poin-poin nya saja, melainkan Anda juga menjelaskan atau pun memberikan contoh dan deskripsi nya. Pada poin kekurangan, sebaiknya anda tambahkan mengenai solusi yang dapat anda lakukan dalam memperbaiki dan mengatasi kekurangan Anda tersebut.

10). Apakah Anda yakin akan lolos dalam seleksi ini? Apabila yakin, jelaskan alasan Anda ?

Pada pertanyaan ini, jawablah secara rasional.

11). Berapa gaji yang Anda harapkan saat bekerja disini ?

Pada saat menjawab pertanyaan ini, usahakan tidak menyebutkan angka pasti. Namun, jika pewawancara tetap meminta angka gaji yang diharapkan, sebaiknya anda dapat memberikan jangkauan sesuai standar yang Anda miliki. Juga disarankan, sebelum Anda melakukan wawancara, perlu bagi Anda untuk mencari tahu kisaran gaji perwat di area atau di tingkat pendidikan yang Anda miliki, kemudian pada saat menjawab tekankan bahwa Anda lebih tertarik pada posisi dari pada gajinya.

Selain pertanyaan umum diatas, mungkin Anda juga akan mendapatkan pertanyaan yang lebih menjurus ke bidang keperawatan dan pertanyaan lainnya. Berikut contoh pertanyaan tersebut :

  1. Keahlian khusus apa yang paling mencolok pada diri Anda dalam menjalani profesi perawat? Misalnya peminatan yang pernah Anda jalani selama profesi Ners ataupun pengalaman kerja sebagai perawat apa sebelumnya  
  2. Coba jelaskan atau ceritakan tentang asuhan keperawatan yang pernah Anda lakukan dari awal hingga akhir ?
  3. Apakah Anda bisa melakukan 6 langkah mencuci tangan? Coba demonstarsikan!
  4. Apakah Anda mengetahui tentang Patient Safety? Sebutkan dan jelaskan!
  5. Apakah Anda mengetahui UU Keperawatan No. 38 Tahun 2014, jelaskan!
  6. Apakah perbedaan Keperawatan Tim, Primer, dan Modular!
  7. Berbagai hal mengenai BT&CLS
  8. Sebutkan dan jelaskan mengenai benar obat!
  9. Apabila kerabat Anda menanyakan soal hasil tes atau hal yang bersifat rahasia mengenai pasien Anda, bagaimana sikap Anda?
  10. Bagaimana sikap Anda saat menghadapi pasien atau keluarga pasien yang mengesalkan?
  11. Bagaimana sikap Anda terhadap pasien yang sedang marah?
  12. Bagimana sikap Anda dalam menghadapi pasien yang terus menerus membunyikan alarm tengah malam?
  13. Coba lakukan role play perawatan pasien dengan bahasa inggris
  14. Apa kegiatan Anda saat ini ?
  15. Apa pencapaian Anda selama kuliah atau 2 tahun terakhir?
  16. Apa hal yang belum Anda capai dalam 2 tahun terakhir, dan solusi atau pemecahan masalah yang kira-kira dapat Anda lakukan?
  17. Bagaimana cara Anda dalam melakukan manajemen stress

Baca Juga : Cara Membuat Nira PPNI Terbaru Via Online

Itu tadi beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditemui oleh pelamar yang bisa dirangkum oleh Tim Mediaperawat. Semoga bermanfaat ^^

(Dok/TM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.