Istilah-Istilah Dalam Asuhan Keperawatan

Healthcare workers, preventing virus, quarantine campaign concept. Smiling friendly female doctor, nurse in scrubs writing dorn results analysis at clipboard, standing white background.

MediaPerawat.id – Dalam Asuhan Keperawatan, terdapat berbagai istilah yang mungkin masih asing bagi sobat-sobat Ners! Diantaranya ialah WOC, Laporan Pendahuluan, Resume, Prefarat, Ronde Keperawatan, Hand Over, CPPT maupun SOAP. Untuk mengetahui istilah-istilah tadi dan perannya dalam Asuhan Keperawatan, mari simak penjelasan di bawah ini ya!

Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan

Laporan pendahuluan merupakan sebuah laporan yang membahas suatu kasus penyakit tertentu (yang akan diangkat sebagai Asuhan Keperawatan) di fasilitas kesehatan yang memuat penjelasan lengkap mengenai konsep dasar suatu penyakit dan asuhan keperawatannya. Tujuan dibuatnya laporan pendahuluan ialah untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep dasar penyakit dan asuhan keperawatan yang menjadi acuan sebelum memberikan asuhan keperawatan terhadap pasien dengan penyakit tersebut. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan atau kurangnya pengetahuan dalam memberikan asuhan keperawatan.

Format Laporan Pendahuluan

Pada dasarnya setiap institusi memiliki format laporan pendahuluan yang bisa jadi berbeda-beda. Namun di bawah ini adalah contoh format laporan pendahuluan asuhan keperawatan secara umum :

Baca juga : Teori Keperawatan Model Madeleine Leininger : Transcultural Nursing

  1. Konsep Dasar Penyakit
    • Definisi Pengertian
    • Epidemiologi/insiden kasus
    • Penyebab/faktor predisposisi
    • Patofisiologi terjadinya penyakit (lebih jelas jika disertai pohon masalah)
    • Klasifikasi (kalau ada)
    • Gejala Klinis
    • Pemeriksaan Fisik
    • Pemeriksaan diagnostik/Penunjang
      • Pemeriksaan Laboratorium
      • Radiolog
      • Dan lain-lain (jika ada)
    • Diagnosis/kriteria diagnosis
    • Terapi/tindakan penanganan
    • Komplikasi
  2. Konsep Dasar Asuhan Keperawatan
    • Pengkajian (data Subjektif dan Objektif)
    • Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul
    • Rencana Asuhan Keperawatan/Intervensi (dilengkapi dengan rasional tindakan)
    • Evaluasi
  3. Daftar Rujukan

WOC (Web of Caussation)

Web of Caussation yang istilah kerennya disebut dengan pohon masalah merupakan penjelasan keterkaitan antara proses terjadinya penyakit beserta faktor-faktor yang memengaruhi dengan etiologi hingga diagnosa media yang kemudian dihubungkan dengan diagnosa keperawatan. Web of Caussation itu sendiri pada umumnya dibuat dalam bentuk bagan menurun.

Preparat

Preparat adalah tindakan atau proses pembuatan maupun penyiapan sesuatu menjadi tersedia, spesimen patologi maupun anatomi yang siap dan diawetkan untuk penelitian dan pemeriksaan. Maserasi merupakan salah satu teknik pembuatan preparat yang digunakan untuk melihat kenampakan sel secara utuh.

Baca juga : Konsep Manusia Dan Teori Kebutuhan Dasar Manusia

Ronde Keperawatan

Ronde keperawatan terjadi proses interaksi antara perawat dengan perawat, perawat dengan pasien. Kozier et al (2004) menyatakan bahwa ronde keperawatan merupakan prosedur di mana dua atau lebih perawat mengunjungi pasien untuk mendapat informasi yang akan membantu dalam merencanakan pelayanan keperawatan dan memberikan kesempatan kepada pasien untuk mendiskusikan masalah keperawatannya serta mengevaluasi pelayanan keperawatan yang telah diterima pasien.

Hand Over (Serah Terima)/Operan

Handover (serah terima pasien) adalah proses pengalihan wewenang dan tanggung jawab utama untuk memberikan perawatan klinis kepada pasien dari satu pengasuh ke pengasuh yang lain, termasuk dokter jaga, dokter tetap ruang rawat, asisten dokter, praktisi perawat, perawat terdaftar, dan perawat praktisi berlisensi.

CPPT (Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi)

Catatan perkembangan pasien terintegrasi (CPPT) merupakan kegiatan petugas kesehatan (dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, dan petugas lainnya) dalam mencatat hasil kegiatan yang dilakukan sehingga antar profesi dapat mengetahui kondisi perkembangan pasien dan dapat menyesuaikan dengan program lanjutan pasien.

SOAP

Dalam penulisan asuhan keperawatan, lembar rekam medis SOAP adalah sarana yang digunakan oleh para tenaga medis untuk merekam informasi mengenai pasien. SOAP merupakan singkatan dari Subjective (Subjektif), Objective (Objektif), Assesment (Penilaian), dan Plan (Perencanaan) yang umumnya diletakkan di bagian evaluasi asuhan keperawatan.

Daftar Referensi :

Kozier, E. and Breman, S. (2004Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. Alih bahasa, Wahyuningsih dkk. EGC, Jakarta.

Penulis: DOK/LAEditor: LA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *