Berita  

Peringati HUT KORPRI KE-51 Dinkes Kota Banda Aceh Melaksanakan Kegiatan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM)

Foto : Redaksi

Mediperawat.id, Aceh – Dalam rangka memperingati HUT KORPRI  ke-51 dinas kesehatan kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan pemeriksaan skrining  PTM  (Penyakit Tidak Menular) Bagi ASN. Senin, (05/12/22).

Adapun kegiatan pemeriksaan tersebut mulai dari  penimbangan berat badan, pengukuran lingkar pinggang, pengukuran tinggi badan, tekanan darah dan selanjutnya diikuti dengan pemeriksaan khusus seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, serta transfusi darah.

Acara kegiatan pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular) ini, sangat antusias sekali, yang mana diikuti oleh tenaga kesehatan dari 11 puskesmas Banda Aceh serta pihak swasta lab prodia/bio lab pun ikut serta pada  kegiatan PTM ini. Ungkap Zaini Kepala seksi dikes kota banda aceh.

Penyakit tidak menular ini adalah  penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Yang termasuk kategori PTM ini diantaranya adalah stroke, Hipertensi, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan penyakit  kronis yang tidak menular lainnya. Walaupun tidak menular namun tetap harus diatasi sejak dini. 

Dalam kegiatan ini penyelenggara juga melibatkan tenaga kesehatan bidan dari Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh, untuk melakukan penyuluhan terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Ditempat yang sama ungkap bidan Nuraini bahwa “Kanker serviks dan kanker payudara merupakan pembunuh nomor dua pada wanita di Indonesia. Adapun penyuluhan ini dilakukan untuk mengatasi sejak dini mungkin dengan rutin memeriksa kesehatan ke puskesmas dengan harapan bahwa kaum wanita terbebas dari semua jenis kanker dan menjadi wanita yang sehat dan kuat.”

“Jadi jelas masyarakat harus mampu bisa menyadari sejak dini, yang mana penyakit tidak menular itu harus diwaspadai, jadi tidak hanya penyakit menular saja yang menjadi prioritas pencegahan, Oleh karena itu, mari hidup sehat dengan sadari sejak dini dengan mengatur pola makan yang sehat, rutin berolahraga dan mengelola stress dengan baik.” Harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *