Penatalaksanaan Relaksasi Genggam Jari Menurunkan Nyeri Pada Pasien Hemoroid atau Ambeien

Ket Foto : Ilustrasi Hemoroid / Mediacastore/Ist

MediaPerawat.id – Hemoroid adalah Penyakit yang berkaitan dengan organ pencernaan dan dapat menimbulkan gangguan kenyamanan pada penderita dah bahkan jika dibiarkan menjadi parah bisa ke tahap pembedahan sebagai cara menyembuhkannya. Hemoroid atau wasir atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan ambeien merupakan pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus yang berasal dari plexus hemoroidalis (Judha et al., 2017).

Apa Saja Faktor-Faktor Pemicu Hemoroid yang harus Diketahui ?

Beberapa faktor yang memicu terjadinya hemoroid yang perlu diketahui, yaitu :

  • Mengedan terlalu lama
  • Kurangnya mobilisasi
  • Konstipasi kronik, diet rendah serat,
  • Usia lanjut,
  • Aktivitas berat dan penyakit yang meningkatkan tekanan intra abdomen(Safyudin & Damayanti, 2017).

Apa saja Tanda dan Gejala Hemoroid ?

Tanda dan gejala utama yan sering timbul pada hemoroid adalah :

  • Perdarahan
  • Nyeri
  • Prolaps
  • Bengkak
  • Gatal
  • Kotoran berlendir (Yamana, 2018)

Baca Juga : Terapi Murottal Solusi Atasi Dismenore Pada Remaja

Gejala nyeri yang dirasakan oleh penderita hemoroid harus segera dikelola agar karena berpengaruh buruk pada penderita. Nyeri akut yang muncul akibat gejala yang muncul karena hemoroid harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan komplikasi seperti syok neurogenik karena nyeri akut bisa menyebabkan denyut jantung, tekanan darah dan frekuensi pernafasan meningkat (Potter & Perry, 2015). Apabila nyeri tidak dikontrol secara baik maka dapat menyebabkan proses rehabilitasi klien tertunda dan hospitalisasi menjadi lama (Smeltzer & Barre, 2017).

Penggunaan Teknik Relaksasi Genggam Jari Untuk Nyeri Hemoroid

Perlu adanya penanganan atau terapi yang dilakukan untuk mengatasi nyeri pada pasien atau penderita hemoroid atau ambeien. Teknik relaksasi menjadi pilihan salah satu terapi tanpa obat atau disebut dengan non farmakologi yang memiliki tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan rileks pada pasien, mengurangi intensitas nyeri serta bisa meningkatkan ventilasi paru dan meningkatkan oksigen dalam darah.

Terdapat teknik relaksasi salah satunya adalah relaksasi genggam jari yang merupakan teknik relaksasi sangat sederhana dan mudah dilakukan (Pinandita et al., 2012). Pada saat melakukan relaksasi genggam jari guna mengendalikan nyeri maka tubuh akan meningkatkan komponen saraf parasimpatik hal ini menyebabkan kadar hormon adrenalin dalam tubuh dapat meningkatkan konsentrasi sehingga tubuh mempermudah mengatur ritme pernapasan yang membuat kadar oksigen di dalam darah memberikan rasa tenang yang mampu mengatasi nyeri (Rosiska, 2021).

Baca Juga : Aromatherapi Relaksasi, Terapi Komplementer Sederhana untuk Atasi Gangguan Tidur

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Relaksasi Genggam Jari ?

Cara melakukan teknik relaksasi genggam kari yaitu dengan cara pasien hemoroid menarik nafas dalam dan perlahan guna merilekskan semua otot sembari menutup mata kemudian menggenggam jari tangan kanan dimulai dari ibu jari selama 2-3 menit dan dilanjutkan jari berikutnya dengan menggunakan tangan kiri. Sebaiknya pada saat menarik nafas dengan lembut melalui hidung dan tahan selama 3 detik hingga kemudian dihembuskan secara perlahan sambil merasakan ketenangan ketika menarik nafas dan menghembuskannya. Pengkajian pada pasien dengan hemoroid dan merasakan nyeri sehingga ditegakkan diagnosa keperawatan berupa nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisik kemudian dilakukan perencanaan berupa manajemen nyeri yang memiliki tujuan agar nyeri yang dirasakan menurun oleh karena itu dilakukan terapi relaksasi genggam jari dari hasil tersebut evaluasi yang dihasilkan pasien terlihat lebih rileks dan skala nyeri berkurang.

Sumber Referensi:

Nur, D. O. (2022). IMPLEMENTASI RELAKSASI GENGGAM JARI DALAM MENURUNKAN NYERI AKUT PADA PASIEN DENGAN HEMOROID. Jurnal Inovasi Peneltian , 5875-5882.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *